Monday, December 5, 2022
HomeNeoliberalismeSepuluh Alasan Memboikot produk Nestlé

Sepuluh Alasan Memboikot produk Nestlé

Mengapa kita harus memboikot Nestle? Bukankan mereka produsen berbagai makanan yang sudah diakui oleh dunia?

  1. Nestle telah melanggar peraturan perdagangan internasional untuk produk makanan bayi. Peraturan tersebut di adopsi dari World Health Organization (WHO) untuk menjamin agar ibu yang sedang menyusui tidak segan memberikan Air Susu Ibu (ASI) dan susu instant-pengganti ASI-aman untuk dikonsumsi oleh bayi saat dibutuhkan. Sampai saat ini, sekitar 1.5 juta bayi meninggal di seluruh dunia setiap tahunnya akibat mereka tidak mendapatkan ASI.
  2. Nestlé saat ini sedang menghadapi tuntutan pengadilan di India akibat tidak/ lalai mencantumkan peringatan di label produk makanan bayi. Direktur Manager Nestlé setempat akan menghadapi ancaman hukuman penjara jika terbukti bersalah.
  3. Nestlé mengancam akan menutup pabriknya di Zimbabwe saat pemerintah setempat mengeluarkan peraturan perdagangan makanan bayi. Menteri Kesehatan, Timothy Stamps mengatakan bahwa ancaman tersebut hanya omong kosong dan kebijakan tersebut tetap akan di berlakukan.
  4. Nestlé tidak diperkenankan untuk melakukan kontak dengan ibu baik secara langsung maupun tidak langusng. Akan tetapi, di banyak negara yang menjadi target pemasaran, mereka membentuk “baby club”. Di Singapura, mereka membuat selebaran tentang hal tersebut di berbagai pusat kesehatan dengan semboyan “ Calling all mothers to be Nestlé Baby World …”
  5. Nestlé sering melakukan pelanggaran terhadap hukum yang berlaku di sebuah negara. Sebagai contoh, Nestlé di denda karena tidak menghiraukan peringatan dari pemerintah Kosta Rika untuk mengganti label di produk mereka.
  6. Bekas pegawai Nestlé di Pakistan, Syed Aamar Raza membeberkan praktek korup serta menyuap dokter demi kepentingan bisinisnya. Tindakan ini berakibat kepada pejabat tertinggi di perusahaannya. Saat Amar melaporkan masalah ini kepada managernya, dia mendapatkan. Sampai saat ini, demi keamanannya dia masih bersembunyi sehingga tidak dapat bertemu dengan keluarganya. Nestlé kemudian melakukan audit internal tetapi tidak memperkenankan para auditor untuk menghubungi Aamar. Mereka hanya diperkenankan meminta keterangan dari para dokter yang daftarnya dibuat atau sepengetahuan Nestlé.
  7. Nestlé telah menjadi target boikot di 20 negara karena perbuatan tercela dan tak bertanggung jawab dalam pemasaran makanan bayi.
  8. Public Relation Nestlé (UK) berusaha melakukan klarifikasi mengenai isu susu bayi namun mereka tidak dapat meyakinkan dalam debat publik dengan Baby Milk Action, sebuah lembaga yang mengungkap perilaku Nestlé.
  9. Pada November 2000, Parlemen Eropa telah melakukan dengar pendapat umum tentang malpraktek yang dilakukan oleh Nestlé dalam perdagangan makanan bayi. Dalam kesempatan itu, pihak manajemen Nestlé menolak untuk hadir. Mereka keberatan atas hadirnya saksi ahli dari the United Nations Children’s Fund (UNICEF) dan International Baby Food Action Network (IBFAN). Belakangan, Nestlé mengklaim bahwa mereka memiliki sekitar 230 ribu pekerja.
  10. Pada mei 1999, sebuah kebijakan dikeluarkan oleh UK Advertising Standards Authority (ASA) melawan Nestlé tentang kampanye formula perdagangan yang jujur dan bertanggung jawab. ASA menemukan bahwa Nestlé tidak dapat melawan bukti yang dikeluarkan oleh kelompok kampanye Baby Milk Action.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular